“Kelas” – Ruang yang mencatatkan cerita Akademi Berbagi

Mendadak memiliki waktu lebih, langsung mengingatkan saya untuk berlatih menulis lagi (setelah vakum sekian lama -.-“), tentunya salah satu amunisinya adalah dengan membaca. Dan kemudian, seolah alam bersekutu, buku ini muncul di inbox saya melalui email promo kutukutubuku.com.

"Kelas"

“Kelas” ini merupakan ringkasan catatan perjalanan Akademi Berbagi, komunitas yang didirikan sang penulis, Mbak Ainun Chomsun, selama 5 tahun terakhir.

Saya sendiri sudah mengenal, ups bukan, lebih tepatnya, mengetahui komunitas ini mungkin sekitar 4 tahun lalu – dan itu pula yang menjadi alasan salah satu alasan saya membeli buku ini. Sesuai dengan perkiraan saya, buku ini dipenuhi dengan luapan semangat Mbak Ainun mengenai Akademi Berbagi.

“Kelas” ditulis dalam fragmen-fragmen pendek dan ringan. Masing-masing fragmen merupakan kunci catatan Akademi Berbagi. Dimulai yang menjadi fondasi dasar Akademi Berbagi, hingga sederet catatan lainnya yang menjadi bagian dari proses Akademi Berbagi tumbuh dan berkembang. Mulai dari dari cerita-cerita happy hingga berbagai tantangan yang harus dihadapi para relawan Akademi Berbagi. Selain tulisan Mbak Ainun, juga disisipi kisah-kisah para relawan dan guru di Akademi Berbagi.

Dari “Kelas” ini saya belajar mengenai semangat, tujuan, komitmen dan konsistensi. Ah ya, dan satu lagi HAPPY. Tanpa rasa satu ini rasanya segala sesuatunya akan terasa jadi beban.

By the way saya bukan relawan di Akademi Berbagi (mmm… atau mungkin belum), jadi kurang paham mengenai seluk beluknya. Yang saya tahu, Akademi Berbagi merupakan komunitas penggiat kelas belajar gratis untuk umum, mengenai berbagai materi dengan pengajar dari pakar praktisinya. Kalau kemudian jadi penasaran sama komunitas satu ini sila mencari tahu sendiri di akademiberbagi.org atau follow twitternya @akademiberbagi atau bahkan bergabung langsung.. Tertarik?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s