[Kuliner] Bubur Ayam Kuah Rawon

Suka jajan bubur ayam? Biasanya bumbu bubur ayam memang tergantung khas daerahnya. Yang paling banyak saya temui di Jakarta ini adalah Bubur Ayam yang dibumbui kuah kuning plus kecap. Lalu jenis bubur ayam kedua yang sering saya makan, bubur ayam Bandung – biasanya buburnya hanya dibumbui kecap manis, kecap asin (itupun jarang saya tambahin, biasanya saya makan bubur ayam Bandung polos tanpa bumbu – palingan tambah merica aja)

Nah, pagi tadi saya menemukan bubur ayam jenis baru.
Di gerobaknya sih, Si Masnya hanya menuliskan Sedia Bubur Ayam aja, polos, tanpa embel-embel nama daerah tertentu. Awalnya, saya tertarik lihat aneka jenis sate. Ya, saya pikir buburnya biasa aja seperti pada umumnya bubur ayam yang sering saya temui.

Eh ketika bubur ayamnya tersaji di meja, saya mendapati bubur ayamnya berkuah hitam. Saya jadi excited melihat bubur ayam model baru. Penasaran, ketika saya cicip kuahnya aja, ada rasa klewek. Yess, buah tanaman bumbu berwarna hitam yang jadi bumbu utama rawon atau coto makasar.

Toping buburnya sih biasa aja sama seperti lainnya, suwiran ayam, kacang, seledri – tapi tanpa cakue sih. Buburnya dibandingkan bubur kaki lima lainnya, termasuk kental atau padat. Ya, pasnya begitu sih karena masih disiram kuah klewek tadi yang cair. Rasanya? Kayak makan bubur ayam pake kuah Rawon Tegal (Sungguh beda banget rasa rawon tegal vs rawon surabaya). Jadi kalau kamu suka rasa klewek, boleh coba deh.

Seperti yang tadi saya tulis, awalnya yang membuat tertarik adalah susunan sate di gerobaknya yang tampak menggiurkan. Ternyata isinya memang aneka macam : sate uritan, sate hati jantung ayam, sate ampela, sate telur puyuh, sate usus ayam, dan sate entah-itu-apa-namanya-sejenis-darah-tapi-bukan-dadih, bagian ayam yg biasanya ada di belakang tulang dada atau paha atas. Kali tadi saya cicip sate uritan dan usus sapi. Sayangnya nih rasa satenya cenderung biasa aja.

Sudah pernah coba bubur ayam model begini?

🍴🍴🍴

P.s : maaf gak foto buburnya, sudah keburu disantap duluan 😁

image

Penampakan gerobak Si Mas Bubur Ayam

image

Aneka sate yang menggiurkan

Bubur ayam
Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus
Seberang, Bank Mandiri Bona Indah Plaza
Buka sekitar  06.00 – 11.00
Harga bubur per porsi : Rp. 10.000,-
Harga sate per tusuk : Rp. 2.500,-

22 thoughts on “[Kuliner] Bubur Ayam Kuah Rawon

  1. dulu di rumah, bubur itu ya, teksturnya padat terus kuahnya semacam kuah opor gitu, tapi isiannya tahu atau tempe bukan ayam.

    trus kalo pesen pedes; bakal dikasih tumisan kangkung atau kulit melinjo sama daunnya 😀

    duh, jadi kangen bubur ayam rumah. kalo bubur bandung iyah, g pake apa2. cuma sambel sm merica daan ati ampelaa dan gak diaduk 😀

Tinggalkan Balasan

