Ender’s Game – Proses selalu lebih penting

Beberapa hari lalu saya baru saja Ender's Gamenonton film Ender’s Game. Film ini sebenarnya rilis tahun 2013, tapi saya sendiri baru ngeh ada film ini pas diputar di salah satu stasiun televisi swasta.

Film ini diangkat dari novel Orson Scott Card berjudul sama, bercerita tentang Ender Wiggin yang menjalani sekolah pelatihan perang. Sekolah ini diadakan untuk persiapan menghadapi perang melawan formics – alien yang telah menginvasi bumi. Meski formics telah berhasil terusir dari bumi, namun misi sekolah ini dibentuk untuk membasmi formics dari jagad raya selamanya untuk menghindari invasi Formics selanjutnya.

Ender diceritakan berhasil melewati serangkaian proses pelatihan dengan nilai tinggi, kemudian mendapatkan promosi dan memimpin armadanya sendiri. Hingga akhirnya dia harus menghadapi ujian kelulusan bersama timnya.

Well, Film ini mengalir sederhana dan ringan. hingga tontonan ini bisa dinikmati oleh anak-anak, meski tetap harus dengan pendampingan orang tua. Jangan berharap ada konflik yang complicated, mungkin untuk sebagian orang akan menganggapnya datar. Tapi yang membuat saya ingin menuliskannya adalah pesan yang disampaikan menjelang penghujung film. Yakni saat Ender merasa ditipu oleh sang perwira tinggi mengenai ujian kelulusannya, dan Ender mendebat sang perwira tinggi.

“No. It doesn’t important if we win. But the way we win it’s matters”

karena proses selalu menjadi bagian yang lebih penting dibandingkan hasilnya.

*noted. angguk-angguk setuju

Sudah pernah nonton film ini juga?

Iklan

One thought on “Ender’s Game – Proses selalu lebih penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s